Saturday, December 17, 2016

Cara Membuat Web HTML Dengan Notepad

                                                                              
           Banyak orang yang mengatakan membuat website itu sulit. Akan tetapi sebenarnya membuat website tidaklah terlalu rumit jika kita sudah memahami dasar-dasarnya. Dalam membuat website yang pertama kali harus kita mengerti adalah HTML. Sebenarnya apa sih HTML itu? HTML (Hypertext Markup Language) adalah suatu bahasa markup yang mendeskripsikan struktur halaman web yang ditulis dengan tag yang mengapit konten tersebut.


Nah dalam artikel ini, penulis akan membagikan tutorial tentang Cara Membuat Web HTML Dengan Notepad. Ini Merupakan dasar untuk belajar membuat website, baiklah tidak perlu panjang lebar, mari kita siapkan tools yang dibutuhkan :
  1. Notepad / Notepad ++ (Dianjurkan Notepad ++ karena akan lebih mudah dalam mencari kesalahan ketika terjadi error pada script yang ditulis)
  2. Web Browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau Internet Explorer (Untuk melihat hasil dari script yang sudah ditulis)

Baiklah, mari kita mulai membuat halaman web pertama kita.
Penjelasan :
<!DOCTYPE HTML> adalah perintah untuk memberitahu web browser bahwa itu adalah halaman HTML.
<HTML></HTML> adalah pembuka dan penutup halaman HTML.
<head></head> adalah tag pembuka dan penutup untuk keterangan tentang halaman yang kita buat.
<title></title> adalah tag pembuka dan penutup untuk memberikan judul dari halaman yang kita buat.
<body></body> adalah tag pembuka dan penutup yang akan memberikan tampilan pada halaman web, disinilah kita akan banyak melakukan perubahan.

tampilan html
Tampilan Ketika Dijalankan Di Web Browser

Pada dasarnya hampir semua tag pada HTML memiliki tag pembuka dan tag penutup, sebagai contoh tag pembuka HTML adalah <HTML> sedangkan tag penutupnya adalah </HTML>. untuk memodifikasi isi dari tag tersebut kita harus memasukan kode diantara tag pembuka dan tag penutup.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home